Ilmu Bisnis dari Seminar bareng Bu Weni #2

Alasan berbisnis franchise :
1. Merek/brand tinggal pake
2. Dapet pengetahuan dan pengalaman franchisor
3. SOP udah ada
4. Konsep bisnisnya udah jelas
5. Dapet bimbingan dan konsultasi dari franchisor
6. Powerful branding (promo) dan networking
Tapi meskipun begitu jangan kemudian kita berharap bahwa dengan bisnis franchise itu pasti akan selalu sukses. Frame yang kemudian perlu dibuang ketika kita berbisnis franchise adalah : pasti sukses, cepat kaya, dikelola franchisor, dan "autopilot".

Dalam berbisnis franchise, ada beberapa maksud :
1. Mendapat penghasilan tambahan
2. Mengisi waktu dengan belajar enterpreneur (jadi active investor)
3. Mengembangkan bisnis; mencari franchise dalam rangka bersinergi dengan usaha yang sekarang sudah dijalankan
4. Investasi memutar modal (passive investor)

Keuntungan bisnis franchise :
1. Cara aman bagi pemula bisnis
2. Mempermudah (shortcut) jadi pengusaha
3. Meminimalkan trial error dalam membangun usaha
4. Lebih hemat waktu, biaya, tenaga dalam mengembangkan usaha
5. Ada transfer knowledge dari franchisor

Dalam berbisnis franchise ada beberapa pilihan, yakni berdasarkan passion dan budget.
Berdasarkan passion yang dimiliki, maka berbisnis franchise bisa dalam bidang kuliner, ritel, travel, pendidikan, dan lain sebagainya. Sedangkan berdasarkan budgetnya, maka ada tiga pilihan bisnis franchise, yaitu : dengan budget kurang dari 100 juta, antara 100-500 juta, atau lebih dari 500 juta.

Semua bisnis memiliki resiko. Itu pasti. Dan kunci dari sukses bisnis adalah menyukai proses yang ada di dalamnya. Istilah sukses berarti SUKa proSES. Perkara hasil, itu hanyalah akibat/ efek saja.
Besarnya uang yang mengalir pada seseorang adalah sebanding dengan besarnya kemanfaatan orang tersebut kepada orang lainnya. Lantas bagaimanakah dengan diri kita sekarang?

Emm.. dalam berbisnis tentu harus memulainya dengan ide-ide bisnis. Ide bisnis didapatkan dari masalah yang ditemui dan kemudian mencari solusinya. Sehingga harisnya ketika seseorang menemui masalah, perasaan yang ada adalah bahagia. Karena di sanalah kemudian ia temui peluang. Peluang yang dapat dijadikan untuk berbisnis. Catat ide-ide bisnis yang ada. (Upz, maap maap lagi2 nglantur. Hehe)

Kalau ada franchise yang harga 10 jutaan itu namanya bisnis opportunity. Hanya musiman dan waktu-waktu tertentu saja. Example nih ya yang ada di jogja itu bisnis Tela Krezz (upz sebut produk ni). Kalo ada bisnis Paparon pizza itu harga franchisenya berkisar 2 M. Apotek K-24, 800 juta.

Trus biasanya kalo orang berbisnis itu, dia punya kecenderungan apakah mau jadi activ investor atau passive investor. Nah kalo di bisnis franchise itu kalo yang jadi passive investor itu di franchise indomaret sama alfamart. Kalau jenis investor aktif itu di franchise semacam melia laundry (500juta), apotek K-24 (800juta), TX Travel (300 juta), kebab turki baba rafi (60 juta), es teller 77 (800 juta-1 M), fantastic frozen, ILP, laundry on kilo, my salon (300 juta).

Biasanya kalo franchise itu masa kerja samanya berkisar 4-5 tahun, kalo ada bisnis framchise yang menawarkan kerja sama "selama2nya", ati-ati tuh.. bisa jadi itu cuma bisnis franchise abal-abal. Trus biasanya, franchisor itu ketika menawarkan bisnis franchisenya juga melakukan presentasi konsep bisnisnya kepada calon franchisee. Fsor juga menjelaskan perkara proyeksi keuangan dalam jangka waktu semisal 5 tahun ke depan seperti apa.

Comments

Popular posts from this blog

Seberapa Lama Daya Tahan ASI Perah (ASIP) ?

Nikmat ketika membawamu...

SUASANA ROMANTIS DALAM KELUARGA RASULULLAH SAW (bag-1)