IKHTIAR MANUSIA : MERENCANAKAN


Persoalan masa depan, manusia hanya mampu untuk merencanakan. Dan kemudian Dialah yang berkehendak dan memutuskan akan seperti kita. Ya, itu adalah bentuk ikhtiar kita sebagai manusia. Karena batasan manusia memang pada ikhtiar. Selebihnya adalah tawakkal; memasrahkan semuanya pada Alloh swt; Rabb semesta alam. Dia Yang Paling Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya. Dia yang akan memilihkan.

Dan ketika Alloh sudah memberikan keputusannya, maka sudah semestinya kita menerima itu; mensyukurinya dan kemudian menjalaninya. Memang kecewa; seolah tak terima; ingin mengelak; ya… itu wajar. Tapi kemudian yang perlu kita ingat lagi adalah bahwasanya Alloh swt adalah Dzat Yang Maha Tahu. Dia mengetahui apa yang terbaik bagi hambaNya. Kemudian tugas kita sebagai manusia selanjutnya adalah menjalani itu semua. Yakin, bahwa di balik apa yang Alloh swt pilihkan akan ada banyak hikmah. Bahwa apa-apa yang Alloh berikan pada kita pasti tak akan ada yang sia-sia.

Dan mungkin akan ada pertanyaan; lah kita udah cukup menguras tenaga, pikiran, waktu untuk membuat planing ini itu. Dan kenyataannya tak semuanya sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Atau kemudian muncul pemikiran, “Ah, kalau begini mending tak usah lah membuat planing. Toh gak selalu sama dengan apa yang aku rencanakan”.

Ya, pada akhirnya perlu kita sadari, bahwa memang dalam kehidupan manusia ada ikhtiar, tawakkal, doa. Akan selalu ada campur tangan dariNya. Karena manusia hidup tak akan terlepas dariNya. Kita diciptakan olehNya dan kembali padaNya. Dialah Dzat Penguasa Kehidupan.
(07 : 24)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Seberapa Lama Daya Tahan ASI Perah (ASIP) ?

Nikmat ketika membawamu...

SUASANA ROMANTIS DALAM KELUARGA RASULULLAH SAW (bag-1)