Ngumpul Bareng anak TDA; Dapet Ilmu dari Kak Seta

Aku ikutan acara anak TDA kampus ni. Tau kan sama komunitas TDA? Jadi TDA itu adalah komunitas pengusaha muda; kalangan mahasiswa kampus. Udah menasional si. Tapi aku ikutan yang TDA Kampus Jogja. Nah, waktu kemarin ikut itu tanggal 14 Desember; barengan sama pas aku jaga stand. Tapi waktu kemarin itu akhirnya aku memutuskan buat nutup stand sementara trus aku berlari ke Jalan Bimokurdo, Sapen. Di markasnya anak TDA. Dan bener aja, aku di sana dapet banyak hal; ilmu, relasi, dan promosi bisnisku. Hehehe. Tapi, aku sempet shock soalnya yang ada di acara itu banyakan “kaum adam”, hahaha. Kalo gak salah itung si, rasio perempuan sama laki-laki yang ikut di acara itu 20 : 2 lah. Kebayang gak tu... Jadi kepikiran berarti, dunia belum mau kiamat nih.. hehe... rasio perempuannya lebih dikit daripada yang laki-laki. :p

Oya, next, jadi di acara TDA kemaren kita tu rencana mau bikin komunitas bisnis onlen dan bakalan ada mentoring bisnisnya tiap 2 pekanan. Materi-nya nanti bakalan macem-macem dan kita bakalan praktek langsung gitu. Makanya kita diminta bawa leptop plus modem bsok pas ketemuan.
Trus lagi ni, selain ada kesepakatan buat mentoring bisnis onlen itu, aku juga ngedapetin materi dari Kak Seta; hehe... Jadi beliau tu rencananya yang bakalan jadi mentor bisnis onlennya itu. Beliau tu punya bisnis di bidang jaringan-website. Nah, nah, pas kan?

Emm... kelamaan cerita ya. Hehe, oke, next. Jadi kurang lebihnya begini (ilmu yang aku dapetin dari Kak Seta):
-Kalo kita punya bisnis, dan kita butuh tenaga marketting, ada dua pilihan; 1. Apakah kita mau punya reseller lepas atau mau punya sales yang masih bisa kita handel. Masing-masing baik sih, Cuma tinggal kita prefer yang mana. Kalo reseller lepas itu kayak model bisnisnya SOGAN batik. Kalo’ yang sales masih terikat sama owner itu model bisnisnya Gotoshofie (emm,, aku belum pernah ngedenger bisnis yang ini. Maap maap). Kalo yang model sales begituan, nanti sistemnya gaji kecil, tapi bonusnya yang gedhe. 
-Kalo mau bisnis onlen, faktor foto produk tu ngaruh banget. Makanya tetapi standar foto produk kalian! Emm, aku jadi kepikiran kalo misalnya SO’JAIM pengen bisnis onlen, inilah naruh foto konsumen baru makan SO’JAIM di blog, fb, twitter, websitenya SO’JAIM gitu. 
-Upz, ternyata bisnis onlen tu nguntungin banget. Tau gak, SOGAN batik Cuma dalam waktu tiga bulan maenan fb, dia bisa beli mobil. Keren kan?
Manfaatin facebook tuh! Bikin desain facebook yang menarik, biar orang (calon konsumen) percaya sama produk kita.
-Poin selanjutnya nih, penting! Testimoni pelanggan... inget testimoni pelanggan
-Perlu banget juga tu ngelola klien. Jangan sampe mereka kapok sama kita.
-Bisnis itu kepercayaan. Kepercayaan itu no.1.
-Ada tuh fasilitas facebook ads; biayanya 300.000. fasilitas ini cocok buat tipe produk lifestyle. Kalo macam google advertise biaya bahkan nyampe 3 kali lipatnya fb ads, tapi itu lebih coock buat tipe jasa.
-Oya, kalo udah maen sama dunia onlen, itu yang perlu disiapin tuh KARTU KREDIT. Itu modal juga...

(@ Medianet.17.12.13. 11:24)

Comments

Popular posts from this blog

Seberapa Lama Daya Tahan ASI Perah (ASIP) ?

Nikmat ketika membawamu...

SUASANA ROMANTIS DALAM KELUARGA RASULULLAH SAW (bag-1)