Ngumpul Bareng anak TDA; Dapet Ilmu dari Kak Seta
Aku ikutan acara anak TDA kampus
ni. Tau kan sama komunitas TDA? Jadi TDA itu adalah komunitas pengusaha muda;
kalangan mahasiswa kampus. Udah menasional si. Tapi aku ikutan yang TDA Kampus
Jogja. Nah, waktu kemarin ikut itu tanggal 14 Desember; barengan sama pas aku
jaga stand. Tapi waktu kemarin itu akhirnya aku memutuskan buat nutup stand
sementara trus aku berlari ke Jalan Bimokurdo, Sapen. Di markasnya anak TDA.
Dan bener aja, aku di sana dapet banyak hal; ilmu, relasi, dan promosi
bisnisku. Hehehe. Tapi, aku sempet shock soalnya yang ada di acara itu banyakan
“kaum adam”, hahaha. Kalo gak salah itung si, rasio perempuan sama laki-laki
yang ikut di acara itu 20 : 2 lah. Kebayang gak tu... Jadi kepikiran berarti,
dunia belum mau kiamat nih.. hehe... rasio perempuannya lebih dikit daripada
yang laki-laki. :p
Oya, next, jadi di acara TDA
kemaren kita tu rencana mau bikin komunitas bisnis onlen dan bakalan ada
mentoring bisnisnya tiap 2 pekanan. Materi-nya nanti bakalan macem-macem dan
kita bakalan praktek langsung gitu. Makanya kita diminta bawa leptop plus modem
bsok pas ketemuan.
Trus lagi ni, selain ada
kesepakatan buat mentoring bisnis onlen itu, aku juga ngedapetin materi dari
Kak Seta; hehe... Jadi beliau tu rencananya yang bakalan jadi mentor bisnis
onlennya itu. Beliau tu punya bisnis di bidang jaringan-website. Nah, nah, pas
kan?
Emm... kelamaan cerita ya. Hehe,
oke, next. Jadi kurang lebihnya begini (ilmu yang aku dapetin dari Kak Seta):
-Kalo
kita punya bisnis, dan kita butuh tenaga marketting, ada dua pilihan; 1. Apakah
kita mau punya reseller lepas atau mau punya sales yang masih bisa kita handel.
Masing-masing baik sih, Cuma tinggal kita prefer
yang mana. Kalo reseller lepas itu kayak model bisnisnya SOGAN batik. Kalo’
yang sales masih terikat sama owner itu model bisnisnya Gotoshofie (emm,, aku belum pernah ngedenger bisnis
yang ini. Maap maap). Kalo yang model sales begituan, nanti sistemnya gaji
kecil, tapi bonusnya yang gedhe.
-Kalo
mau bisnis onlen, faktor foto produk tu ngaruh banget. Makanya tetapi standar
foto produk kalian! Emm, aku jadi
kepikiran kalo misalnya SO’JAIM pengen bisnis onlen, inilah naruh foto konsumen
baru makan SO’JAIM di blog, fb, twitter, websitenya SO’JAIM gitu.
-Upz,
ternyata bisnis onlen tu nguntungin banget. Tau gak, SOGAN batik Cuma dalam
waktu tiga bulan maenan fb, dia bisa beli mobil. Keren kan?
Manfaatin
facebook tuh! Bikin desain facebook yang menarik, biar orang (calon konsumen)
percaya sama produk kita.
-Poin
selanjutnya nih, penting! Testimoni pelanggan... inget testimoni pelanggan
-Perlu
banget juga tu ngelola klien. Jangan sampe mereka kapok sama kita.
-Bisnis
itu kepercayaan. Kepercayaan itu no.1.
-Ada
tuh fasilitas facebook ads; biayanya 300.000. fasilitas ini cocok buat tipe
produk lifestyle. Kalo macam google advertise biaya bahkan nyampe 3 kali
lipatnya fb ads, tapi itu lebih coock buat tipe jasa.
-Oya,
kalo udah maen sama dunia onlen, itu yang perlu disiapin tuh KARTU KREDIT. Itu
modal juga...
(@ Medianet.17.12.13.
11:24)
Comments
Post a Comment